Jumat, 18 Desember 2015

Mobile Learning



A.   Metode pembelajaran menggunakan Mobile Learning
       M-learning merupakan penyampaian bahan pembelajaran elektronik pada alat komputasi mobile agar dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Pada umumnya, perangkat mobile yang dimaksud berupa handphone dan PDA . Merupakan paradigma pembelajaranmemanfaatkan teknologi dan perangkat handphone yang diperkirakan akanmengalami perkembangan pesat dan potensial seiring dengan perkembangan teknologi handphone itu sendiri.
       Mobile learning adalah Perkembangan aplikasi mobile di era belakangan ini, maju begitu pesat. Dari tahun ke tahun, penggunaan gadget semakin meningkat dan semakin banyak fitur atau konten yang ditawarkan. Aplikasi Mobile adalah aplikasi yang dikembangkan dan dijalankan dalam lingkungan device mobile seperti Personal Digital Assistant (PDA), Smartphone dan Handphone (HP). Selain itu konten yang ada kebanyakan masih bersifat hiburan. Belum banyak dimanfaatkan aplikasi software untuk media belajar.
       Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, banyak aplikasi teknologi yang telah dikembangkan. Perkembangan teknologi juga melahirkan sebuah konsep pembelajaran baru yaitu mobile learning atau mLearning.  mLearning adalah pembelajaran yang  menggunakan telepon bimbit atau PDA sebagai sarana untuk melakukan pembelajaran. Dengan adanya mLearning, seseorang boleh melakukan pembelajaran pada waktu dan tempat yang lebih fleksibel.   
       MLearning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mengakses materi pembelajaran, arahan dan aplikasi yang berkaitan dengan pembelajaran, kapan-pun dan dimana-pun. Hal ini akan meningkatkan perhatian pada materi pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi persuasif dan dapat mendorong motivasi pembelajar kepada pembelajaran sepanjang hayat (lifelong) learning). Selain itu, dibandingkan pembelajaran konvensional, mLearning memungkinkan adanya lebih banyak kesempatan untuk kolaborasi dan berinteraksi secara informal diantara pembelajar.
B.   Device yang digunakan
Perangkat (Device) pendukung mobile learning merupakan prasyarat dasar bagi berlangsungnya proses pembelajaran dengan menggunakan mobile learning. Beberapa peralatan yang digunakan yaitu :
1.     Telepon Seluler (Ponsel)
Telepon seluler (ponsel) sudah bukan asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Ponsel memiliki kemampuan standar untuk komunikasi suara dan short message service (SMS). Ponsel dengan kemampuan lebih dapat digunakan untuk komunikasi internet melalui Wireless Application Protocol (WAP) atau bahkan dapat digunakan untuk melakukan video conference.
2.      2. Personal Digital Assistant (PDA)
PDA merupakan alat bantu organisasi yang berukuran kecil tetapi memiliki kemampuan lebih tinggi dari pada ponsel. PDA juga dikenal dengan nama lain, seperti: handheld computer, palmtop computer, pocket computer. PDA memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut: dapat digunakan untuk mendeteksi lokasi dengan menggunakan Global Posisioning System (GPS), melakukan kalkulasi data akses internet, mengirim dan menerima e-mail, merekam video.               
      3. Smart Phone
Smart Phone merupakan kombinasi antara kemampuan yang dimiliki oleh ponsel dengan kemampuan yang dimiliki oleh PDA atau dengan kata lain smart phone adalah PDA yang dapat berfungsi sebagaimana halnya sebuah ponsel untuk komunikasi suara dan data.






Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar