Kamis, 14 Januari 2016

Pegaruh Era Digital, Teknologi Internet, dan New Media



A.               Pengaruh Era Digital Terhadap Manusia
Manusia menggunakan teknologi digital karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya dan ingin menjalin hubungan dengan masyarakat sosial lainnya. Namun Perkembangan teknologi digital komunikasi memiliki dampak positif dan negatif. Postif dengan ada nya teknologi digital lahirlah inovasi-inovasi baru yang mempermudah hidup manusia, dan terjadilah perkembangan ilmu pengetahuan, karena teknologi digital lahir dari sebuah ilmu. Secara negatif teknologi digital komunikasi memberikan dampak pada kehidupan sosial, ketika norma-norma yang berlaku tidak sesuai lagi dengan yang ada saat ini. Sadari bahwa dampak yang terjadi pada kehidupan sosial masyarakat, karena terhadap kehidupan masyarakarakat kehadiran teknologi digital informasi telah mengurangi intensitas tatap muka yang terjadi dalam organisasi ataupun sosial masyarakat. Jika kita mengingat komunikasi dengan waktu efektif pada jaman dulu, suatu hubungan antar manusia bisa dijalin ketika mereka telah berkomunikasi dengan waktu yang efektif. Sisi positif dari teknologi digital juga ada, seperti pengenalan hal-hal yang dulu tidak bisa diajarkan kepada anak-anak sehingga anak-anak saat ini terbiasa menerima informasi yang beraneka ragam, terbiasa berwawasan luas. Teknologi digital komunikasi juga membuat cara untuk mendidik menjadi semakin banyak. Mulai dari games, simulasi, ebook, dan lain-lain, semuanya tersedia tergantung apa yang diinginkan oleh orang tua. Serta masih banyak contoh-contoh kecil, namun nyata yang membuktikan besarnya pengaruh perkembangan teknologi digital komunikasi terhadap sosial dan kebudayaan kita. Semuanya menjadi berwarna dan penuh dengan impian.

B.               Contoh Tentang Pemanfaatan Teknologi Internet Dan New Media
           Dengan internet, segala cara untuk  berkomunikasi menjadi lebih mudah. Kita sudah tidak dibatasi oleh jarak lagi ketika melakukan komunikasi. Hampir setiap hari atau bahkan setiap harinya kita terkoneksi dengan internet , ada saja yang kita lakukan yang terhubung dengan internet. Kita ambil contoh saja saat kita mengirim pesan di internet dengan menggunakan situs email seperti yahoo atau gmail maupun social media, kita dapat mengirim pesan elektronik dengan mudah dan tanpa ada batasan jarak yang menghalangi. Social Media cukup membantu dalam berinteraksi satu sama lain dalam pertukaran informasi yang dilakukan satu sama lainnya dalam social media. Berikut merupakan pemanfaatan Teknologi dan New Media :
1.     Bidang Pendidikan
New Media sangat memudahkan bagi pelajar maupun pengajar dalam mendapatkan materi yang ingin dicari. Misalnya saja melalui search engine kita bisa mendapatkan segala informasi, atau dengan fasilitas E-book, fasilitas email juga bisa membantu dalan proses mengerjakan tugas atau saling tukar informasi.
2.     Bidang Sosial
Bidang Sosial berarti segala kegiatan yang berhubungan dengan interaksi manusia satu dengan yang lainnya. Seperti yang kita ketahui, kemunculan new media sangat berperan penting dalam komunikasi antar manusia. New Media sangat memberikan segala macam kemudahan dengan cara-cara yang unik pula untuk manusia dapat berkomunikasi dengan yang lainnya tanpa memperdulikan jarak antara mereka sehingga interaksi yang tercipta pun dapat terjadi lebih intens dan tidak perlu mengkhawatirkan jarak antara manusia. New Media dapat membuat orang menjadi lebih dekat, misalnya dengan skype dan lainnya.
C.              Dalam memanfaatkan teknologi internet dan new media memperoleh kesulitan
Menurut saya sendiri dalam memanfaatkan teknologi internet dan new media menjadi lebih efisien kita dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat diakses kapan saja kita juga dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference. Adanya teknologi internet sebagai media komunikasi yang efisien  memudahkan sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mempermudah proses belajar.
Memanfaatkan teknologi intenet dan new media kita dapat menggunakan sebuah smart phone yang terlebih lagi masyarakat lebih banyak menggunakan smart phone sebagai sarana komunikasi. Smart phone dan computer dapat dijasikan sebagai komponen new media karena smart phone dan computer merupakan sarana atau alat yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs dan terhubung dengan internet. Dengan begitu mempermudah pemanfaatan teknologi internet dan new media.
D.              Memanfaatkan Teknologi Internet dan New Media  Untuk Media Pembelajaran
Untuk saya dengan adanya media pembelajaran menggunakan new media mempermudah saya dapat mengakses bahan pembelajaran melalui internet, dengan adanya internet memudahkan kita memperoleh informasi seperti materi perkuliahan dengan mudah dan cepat serta tidak mahal untuk mengakses ke internet. New Media dapat dikatakan sebagai media perantara untuk mendapatkan informasi, karena pada saat ini internet sudah kita sering gunakan, dan mahasiswa/pelajar tidak perlu susah mencari atau membeli buku yang diinginkan.



Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar