Senin, 19 Oktober 2015

Penggunaan dan Pemanfaatan Internet



Penggunaan dan Pemanfaatan Internet?
A.  Dampak Penggunaan Internet
Dampak positif dan negatif internet dari sudut pandang psikologis. Dampak ini akan ditinjau dari beberapa aspek perkembangan sebagai berikut :
1)      Dampak Positif
a)      Dampak pada Perkembangan Fisik
Salah satu dampak bila internet digunakan dengan tepat adalah adanya kemungkinan untuk melakukan aktivitas fisik tanpa dibatasi oleh waktu dan dapat dilakukan di rumah. Seperti game yang menggunakan dancing pad, dapat dilakukan setiap saat diwaktu yang senggang. Selain itu informasi tentang kesehatan juga memberikan dukungan terhadap gaya hidup yang sehat dan pencegahan terhadap penyakit.
b)      Dampak pada Perkembangan Moral
Beberapa aksi kemanusiaan dalam menghadapi peristiwa-peristiwa besar seperti bencana alam dapat diakses langsung oleh masyarakat luas, termasuk juga remaja pengguna internet. Aksi tersebut sering memicu tumbuhnya solidaritas untuk merasakan bahkan membantu individu lain yang sedang tertimpa musibah. Hal tersebut dapat mendorong perkembangan moral yang adekuat.
2.      Dampak Negatif
a)      Dampak pada Perkembangan Fisik
Contohnya problem visual seperti kelelahan mata, sakit kepala bahkan penglihatan kabur karena remaja lebih rentan daripada orang dewasa terhadap cahaya dan radiasi yang dipancarkan dari perangkat internet. Selain itu obesitas juga kasus yang sering terjadi akibat berkurangnya aktivitas fisik.
b)      Dampak pada Perkembangan Emosi dan Sosial
Internet dapat berdampak pada perilaku kurang sabar pada remaja karena internet cenderung membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan instant sehingga secara emosi para remaja menjadi tidak terbiasa untuk bersabar. Saat ini telah dikembangkan berbagai jejaring sosial yang dapat mendukung terciptanya suatu lingkungan sosial “virtual”.
B.  Pemanfaatan Internet
Bagi kita yang mungkin setiap harinya selalu menggunakan fasilitas internet, pasti merasakan banyak manfaat dari penggunaan internet.
Lima manfaat penggunaan internet.
1)      Komunikasi 
Pada dasarnya ada tiga model komunikasi yang berbeda : komunikasi langsung (tatap muka),komunikasi percakapan via telepon, dan komunikasi tertulis (email). Saat ini, email adalah metode komunikasi yang tersedia di internet dan banyak disukai.
2)      Informasi
Internet merupakan sumber informasi mengenai hal apa saja, tentu hal ini sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi kita yang bekerja di bidang pendidikan, literasi, kesenian atau lainnya kita dapat mencari berbagai macam informasi melalui internet.
3)      Bisnis Online
Saat ini bisnis online semakin marak di internet. Kita juga dapat menjalankan sebuah bisnis via internet.
4)      Berbelanja online (Online Shoping)
Manfaat internet tidak hanya dirasakan oleh para pebisnis, tetapi juga bagi para konsumen. Jika kita malas belanja keluar rumah, kita dapat mencari barang yang kita inginkan via internet. Dengan cara memesan, membayar dengan cara yang telah disepakati bersama, kemudian kita tinggal menunggu barang yang kita pesan di rumah.
5)      Online Banking
Dengan adanya perbankan online kita bisa dengan mudah melakukan pembayaran tagihan via internet dengan tepat waktu. Selain tepat waktu, online banking ini juga ramah lingkungan sebab kita tidak membutuhkan kertas print out setiap kali melakukan transaksi.


Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar